PERBEDAAN BLUETOOTH DAN WIFI

-        Jangkauan
Dalam hal jangkauan, Wi-Fi memiliki keunggulan dibandingkan dengan Bluetooth. Wi-Fi memiliki jangkauan 300 meter dari simpul jaringan, sedangkan Bluetooth hanya memiliki jangkauan sekitar 30 kaki (9.144 meter).
-         Standar
Untuk masalah standar, Bluetooth dan Wi-Fi juga memiliki perbedaan. Instalasi Bluetooth dipasang pada standar 2.0 bluetooth, sedangkan instalasi Wi-Fi dipasang pada standar 802.11n.
-         Sambungan dan Instalasi
Dalam masalah sambungan dan instalasi, ternyata keduanya juga memiliki perbedaan mencolok. Bluetooth tidak memerlukan instalasi dan konfigurasi dalam pembentukan jaringannya. Hal ini disebabkan karena cara kerja Bluetooth yang sangat sederhana, hanya tinggal mengaktifkan perangkat Bluetooth untuk tiap devices yang diinginkan, maka dengan sendirinya koneksi antar devices tersebut akan terbentuk. Lain halnya dengan Wi-Fi, untuk teknologi yang satu ini kita memerlukan konfigurasi atau pengaturan instalasi. Kita harus melakukan konfigurasi pada instalasi router dan modem agar bisa mengaktifkan jaringan Wi-Fi.
-         Jenis Jaringan
Untuk masalah jenis jaringan, juga terdapat perbedaan mencolok di antara keduanya. Untuk Wi-Fi, jenis jaringan yang tercipta adalah LAN (Local Area Network) nirkabel (tanpa kabel). Sedangkan untuk Bluetooth adalah PAN (Personal Area Network). Kedua jenis jaringan itu adalah berbeda satu sama lain, baik dari sesi kegunaan, maupun daya kapasitas pentransferan data yang diinginkan pun berbeda, terutama dari segi privasi.
-         Kecepatan Transfer Data
Untuk kecepatan transfer data, Bluetooth bisa mencapai 800 kbps, sedangkan Wi-Fi bisa mencapai 14 Mbps. Dari perbandingan tersebut, tampak bahwa Wi-Fi jauh mengungguli Bluetooth dalam hal kecepatan. Hal ini disebabkan karena Wi-Fi menggunakan Spread Spectrum Frecuency Hopping (SSFH) yang pada intinya adalah Spread pada Wi-Fi lebih stabil dan lebih cepat ketimbang bluetooth yang hanya menggunakan Direct Sequence Spread Spectrum (DSSS) Tetapi kemudian timbul permasalahan baru, yaitu tentang kerentanan keamanan  data itu sendiri dalam jaringan WiFi. Dalam jaringan Wi-Fi, transfer data sangatlah mudah untuk dibajak, sedangkan dalam lingkup bluetooth tidak demikian. Permasalahan bluetooth sendiri lebih terletak pada cepatnya penyebaran virus yang bisa dilakukan melalui jaringan tersebut. Tentunya ini akan sangat merugikan.
-         Penerapan Penggunaan Bluetooth dan Wifi
Perbedaan terakhir di antara Bluetooth dengan Wi-Fi terletak pada penggunaannya. Bluetooth biasanya digunakan untuk mentransfer data-data berukuran relatif kecil, sedangkan Wi-Fi bisa digunakan untuk mentransfer data-data yang berukuran relatif besar

0 komentar:

Posting Komentar